Thursday, December 20, 2018

Pendidikan yang Baik untuk Anak

Setiap orang memiliki gambaran hidup yang ideal. Termasuk bagaimana ia akan mendidik anak-anaknya. Di zaman dengan kemudahan akses informasi dan derasnya pengetahuan praktis membuat orang tua mempunyai banyak informasi mengenai tumbuh kembang anak serta pilihan pendidikan yang baik untuk anak kelak. Saking banyaknya, tidak banyak orang tua yang akhirnya kebingungan dalam memilih pendidikan untuk anaknya. Seringkali kita menemukan banyak orang tua yang telah mencari informasi mengenai sekolah dasar yang akan dimasuki anaknya bahkan ketika usia anak masih di bawah lima tahun.

Sesungguhnya seperti apakah pendidikan yang baik untuk anak?

Saya tidak bisa mengatakan bahwa sebuah pendekatan pendidikan lebih baik daripada yang lain ataupun sebaliknya. Saya pribadi akan bertanya kembali ke orang tua, anak yang seperti apa yang diinginkan oleh orang tua? Apakah anak yang memiliki pendidikan akhlak sehingga setiap langkahnya selalu sesuai dengan ajaran agama tertentu? Apakah anak yang memiliki keinginan kuat untuk dapat melaksanakan mimpinya dan menyelesaikan setiap ada rintangan yang menghadangnya? Atau anak yang kelak dapat bekerja sebagai PNS? Setelah pertanyaan ini terjawab, tentu akan memudahkan orang tua dalam menetapkan sekolah maupun pendekatan pendidikan yang sesuai dengan tujuan orang tua dalam membesarkan anaknya.

Saya yakin semua orang tua tentu menginginkan anak-anak mendapatkan pendidikan yang terbaik sebagai persiapan menghadapi dunia di masa depan. Orang tua tentu menginginkan anak-anak tumbuh dengan sehat dan dapat berlaku baik terhadap lingkungannya. Hanya saja yang terkadang terlupakan adalah hidup sehat seperti apa yang dimaksudkan? Perilaku baik seperti apa yang diharapkan?

Ketika orang tua dapat melakukan klasifikasi dan memilah informasi yang didapatnya dan disesuaikan dengan tujuan dan harapan orang tua terhadap anak-anak, pendekatan pendidikan yang cocok untuk orang tua pun akan semakin terlihat. 

0 comments:

Post a Comment

© WANDERER 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis